Pengertian Matematika dan Ilmu Alamiah
Dasar
Matematika
Secara
etimologi, pengertian matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau
mathemata yang berarti “belajar atau hal yang dipelajari” (things that are
learned).
Matematika
adalah ilmu yang tidak jauh dari kehidupan manusia. Sejarah matematika sangat
panjang, segala perkembangan dan pengalaman yang berinteraksi langsung
dengannya membuat pengertian matematika terus berkembang. matematika merupakan
bagian dari ilmu pengetahuan dimana materi matematika di perlukan di semua
jurusan yang di pelajari oleh semua orang. Matematika adalah studi besaran,
struktur, ruang, dan perubahan. Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan
menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang
diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui pengukuran dan geometri,
aljabar, peluang dan statistik, kalkulus dan trigonometri. Matematika juga
berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model
matematika yang dapat berupa kalimat matematika dan persamaan matematika,
diagram, grafik atau table.
Berikut ini merupakan beberapa
pengertian matematika menurut para ahli:
1.
Menurut Riedesel matematika adalah kumpulan kebenaran dan aturan,
matematika bukanlah sekedar berhitung. Matematika merupakan sebuah bahasa,
kegiatan pembangkitan masalah dan pemecahan masalah, kegiatan menemukan dan
mempelajari pola serta hubungan.
2.
Menurut Elea Tinggih (Erman Suherman, 2001), matematika berarti ilmu
pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar. Maksudnya adalah bahwa matematika
lebih menekankan aktivitas penalaran, sementara pada pelajaran lain lebih
ditekankan pada observasi dan eksperimen.
3.
Menurut Johnson dan Rising (1972), matematika adalah pola fikir, pola
mengorganisasikan, pembuktian yang logis. Matematika adalah bahasa yang
menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat,
representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai
ide daripada mengenai bunyi.
Ilmu
Alamiah Dasar
Ilmu alamiah dasar (IAD)
merupakan salah satu komponen dari sejumlah Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). IAD
mempermasalahkan struktur dan berlangsungnya dunia alam, dimana manusia pun
dianggap sebagai bagian dari alam itu sendiri. IAD bukanlah suatu ilmu
tersendiri, melainkan merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep
dasar dalam bidang ilmu pengetauan alam dan pengetahuan.
Menurut
H. W. Fowler dalam bukunya “Sience” In Education, Ilmu Alamiah atau biasa
disebut IPA yaitu ilmu yang sistimatis dan dirumuskan, yang berhubungan
dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan
induksi.
Menurut
H. Abau Ahmadi dan A. Supatmo dalam buku
SAP Ilmu Alamiah Dasar, menyatakan Ilmu Alamiah atau sering disebut IPA yaitu
suatu pengetahuan teori yang diperoleh/disusun dengan cara yang khas- khusus,
yaitu melakukan observasi eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait
mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain.
Ruang Lingkup Matematika dan Ilmu
Alamiah Dasar
Ruang Lingkup Matematika
Standar
kompetensi matematika merupakan seperangkat kompetensi matematika yang
dibukukan dan harus ditunjukkan oleh siswa pada hasil belajarnya dalam mata
pelajaran matematika. Standar ini dirinci dalam komponen kompetensi dasar
beserta hasil belajarnya, indikator dan materi pokok untuk setiap aspeknya.
Pengorganisasian dan pengelompokan materi pada materi didasarkan menurut
disiplin ilmunya atau didasarkan menurut kemahiran atau kecakapan yang hendak
dicapai. Aspek atau ruang lingkup materi pada standar kompetensi matematika
adalah bilangan, pengukuran dan geometri, aljabar, trigonometri, peluang dan
statistik, dan kalkulus.
Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar
1.
Konsep dasar tentang Ilmu Pengetahuan Alam, meliputi:
a.
Fisika (Physics)
Suatu ilmu pengetahuan yang
mempelajari benda tak hidup atau mati dari aspek wujud dengan
perubahan–perubahan yang bersifat sementara. Fisika secara klasik dibagi dalam
mekanika, panas, bumi, cahaya, gelombang, listrik, magnet dan teknik mekanika,
teknik sipil, teknik listrik, dan termasuk dalam lingkup besar ilmu bumi dan
antariksa.
b.
Kimia (Chemistry)
Suatu ilmu pengetahuan yang
mempelajari makhluk hidup dan tidak hidup dari aspek susunan materi dan
perubahan–perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi
menjadi kimia anorganik dan kimia organik. Kedua bagian itu pada dasarnya
membahas dasar keseluruhan, kemudian diikuti analisis kualitatif dan kuantitatif.
c.
Biologi ( Biological Science )
Ilmu pengetahuan yang mempelajari
makhluk hidup dan gejala-gejalanya. Biologi dibagi atas cabang-cabang antara
lain :
- Botani
- Zoologi
Zoologi adalah cabang biologi yang
mempelajari struktur, fungsi, perilaku, serta evolusi hewan. Ilmu ini antara
lain meliputi anatomi perbandingan, psikologi hewan, biologimolekular, etologi,
ekologiperilaku, biologievolusioner, taksonomi, dan paleontologi. Kajian ilmiah
zoologi dimulai sejak sekitar abad ke-16.
- Morfologi
- Morfologi (linguistik), ilmu tentang
morfem-morfem dalam bahasa.
- Morfologi (biologi), ilmu tentang
bentuk organisme, terutama hewan dan tumbuhan dan mencakup bagian-bagiannya.
- Geomorfologi, ilmu tentang batuan dan
bentuk luar bumi.
- Anatomi
Anatomi adalah suatu studi tentang
struktur – dalam atau bentuk–dalam makhluk hidup. Anatomi (berasal dari bahasa
Yunani ἀνατομία anatomia, dari ἀνατέμνειν anatemnein, yang berarti memotong)
adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari
makhluk hidup. Terdapat juga anatomi hewan atau zootomi dan anatomi tumbuhan
atau fitotomi. Beberapa cabang ilmu anatomi adalah anatomi perbandingan,
histologi, dan anatomi manusia.
- Fisiologi
- Sitologi (Biologi Sel)
Kaitan Matematika dan Ilmu Alamiah
Dasar dengan Psikologi
Dikarenakan
Psikologi adalah ilmu terapan/turunan maka dapat dikatakan bahwa Matematika dan
IAD (Ilmu Alamiah Dasar) adalah sebagai acuan terbentuknya cabang Ilmu
Psikologi. Matematika digunakan dalam psikologi untuk ekspresi jumlah yang
sering digunakan dalam melakukan percobaan yang berdasarkan data kuantitatif,
serta Matematika berpengaruh sebagai pendamping ilmu psikologi dengan
menyediakan ilmu statistika yang umum digunakan pada percobaan-percobaan
psikologi.
Selain
itu dapat kita ketahui ilmu psikologi mencakup berbagai macam aspek seperti
biopsikologi dan psikologi faal yang berbasiskan Ilmu Pengetahuan Alam, dimana
didalamnya dibahas susunan saraf dan otak manusia serta pengaruhnya kepada
tindakan psikis. Selain itu didalamnya juga tercakup psikologi pendidikan,
psikologi umum, dan pengembangan kreatifitas dan keberbakatan yang berbasiskan
Ilmu Pengetahuan Sosial, dimana didalamnya dibahas kegiatan dan hubungan
manusia serta pengaruhnya terhadap keadaan psikis seseorang. Serta didalamnya
terdapat Psikologi perkembangan yang berbasis keduanya dimana dibahas proses
perkembangan manusia berdasarkan nature atau faktor bawaan (gen) serta faktor
nurture atau pola asuh dan reaksi lingkungan.
Sumber :
Harmoni, Ati. 1992. Pengantar Ilmu
Alamiah Dasar. Depok: Universitas Gunadarma.
Riyanti, B.P Dwi. 1996. Psikologi Umum
I [pdf]. Jakarta: Gunadarma.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
H.W. Fowler. 1951. Science in
Education.
Ahmadi, H. Abu dan A. Supatmo. 1998. SAP Ilmu Alamiah. Renika
Cipta.
Comments
Post a Comment