Seperti yang
sudah disebutkan dalam teori, bahwa menurut Griffiths (Essau, 2008) video game addiction adalah adiksi yang
melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin yang berlebihan, interaksi
dapat bersifat pasif (televisi), maupun aktif (video game) serta bersifat
meningkatkan dan menguatkan, dimana hal tersebut berkontribusi pada kecenderungan
adiksi. Dalam penelitian yang kami ambil sebagai referensi memang hanya
disebutkan dampak negatif yang disebabkan dari kecanduan video game, namun kami
mencoba mengulas apakah ada dampak positif dari suatu kecanduan video game pada
mahasiswa. Disini kami memberikan sebuah hipotesis bahwa dampak positif yang
bisa jadi hadir adalah bahwa mahasiswa mempunyai tempat pelampiasan stres yang
dihadapi berkaitan dengan kegiatan perkuliahan yang sedang mereka jalan.
Sedangkan dampak positif yang muncul adalah, sesuai topik penelitian, bahwa
mahasiswa melakukan sebuah prokrastinasi (sikap menunda suatu kegiatan/tugas)
akademik, sehingga munculah saran agar mahasiswa mengurangi intensitas bermain
video game/game online.
Berkaitan
tentang teori yang ada, terdapat sebuah kecocokan antara komponen kecanduan
video game serta data yang didapat dalam penelitian. Kecocokan yang dimaksud
yaitu pada poin salience, dimana karena video game sudah menjadi suatu hal yang
lebih penting dari tugas maka individu justru meningkatkan intensitas bermain
game dan menunda kegiatan perkuliahan seperti mengerjakan tugas yang diberikan.
Disini kami juga merekomendasikan beberapa cara yang
dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game ini, diantaranya :
1. Alihkan perhatian pada kegiatan lain yang diminati,
seperti olahraga, membaca komik, atau menonton film.
2. Perbanyak mengobrol dengan orang terdekat, seperti
orang tua, saudara kandung, atau teman dekat.
3. Dalam topik prokrastinasi, ada baiknya saat
mengerjakan tugas lakukan di tempat yang jauh dari komputer, ataupun handphone. Hal ini efektif untuk anda
yang ingin memusatkan perhatian pada tugas anda.
Daftar Pustaka
Kurniawan, Drajat
Edy. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku
prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas PGRI
Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 97-102,
diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjBlpmhg8voAhXe7HMBHXquAKwQFjAGegQIBhAB&url=https%3A%2F%2Fjurnal.umk
Comments
Post a Comment