Skip to main content

GAME ADDICTION


Seperti yang sudah disebutkan dalam teori, bahwa menurut Griffiths (Essau, 2008) video game addiction adalah adiksi yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin yang berlebihan, interaksi dapat bersifat pasif (televisi), maupun aktif (video game) serta bersifat meningkatkan dan menguatkan, dimana hal tersebut berkontribusi pada kecenderungan adiksi. Dalam penelitian yang kami ambil sebagai referensi memang hanya disebutkan dampak negatif yang disebabkan dari kecanduan video game, namun kami mencoba mengulas apakah ada dampak positif dari suatu kecanduan video game pada mahasiswa. Disini kami memberikan sebuah hipotesis bahwa dampak positif yang bisa jadi hadir adalah bahwa mahasiswa mempunyai tempat pelampiasan stres yang dihadapi berkaitan dengan kegiatan perkuliahan yang sedang mereka jalan. Sedangkan dampak positif yang muncul adalah, sesuai topik penelitian, bahwa mahasiswa melakukan sebuah prokrastinasi (sikap menunda suatu kegiatan/tugas) akademik, sehingga munculah saran agar mahasiswa mengurangi intensitas bermain video game/game online.
Berkaitan tentang teori yang ada, terdapat sebuah kecocokan antara komponen kecanduan video game serta data yang didapat dalam penelitian. Kecocokan yang dimaksud yaitu pada poin salience, dimana karena video game sudah menjadi suatu hal yang lebih penting dari tugas maka individu justru meningkatkan intensitas bermain game dan menunda kegiatan perkuliahan seperti mengerjakan tugas yang diberikan.

Disini kami juga merekomendasikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game ini, diantaranya :
1. Alihkan perhatian pada kegiatan lain yang diminati, seperti olahraga, membaca komik, atau menonton film.
2. Perbanyak mengobrol dengan orang terdekat, seperti orang tua, saudara kandung, atau teman dekat.
3. Dalam topik prokrastinasi, ada baiknya saat mengerjakan tugas lakukan di tempat yang jauh dari komputer, ataupun handphone. Hal ini efektif untuk anda yang ingin memusatkan perhatian pada tugas anda.

Daftar Pustaka
Kurniawan, Drajat Edy. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 97-102, diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjBlpmhg8voAhXe7HMBHXquAKwQFjAGegQIBhAB&url=https%3A%2F%2Fjurnal.umk

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan IPTEK Sejak Dulu Hingga Sekarang

Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi), mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti, sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang dikenal dengan nama internet. 1. Masa Prasejarah Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan. Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunaka...

Geografi dan Kehidupan

Penyebaran Makhluk Hidup Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyebaran organisme di muka bumi. Dalam biogeografi dipelajari bahwa penyebaran organisme dari suatu tempat ke tempat lainnya melintasi berbagai faktor penghalang. Faktor-faktor penghalang ini menjadi pengendali penyebaran organisme. Faktor penghalang yang utama adalah iklim dan topografi. Selain itu, faktor penghalang reproduksi dan endemisme menjadi pengendali penyebaran organisme. Studi tentang penyebaran spesies menunjukkan, spesies-spesies  berasal dari suatu tempat, namun selanjutnya menyebar ke berbagai daerah. Organisme tersebut kemudian mengadakan diferensiasi menjadi subspesies baru dan spesies yang cocok terhadap daerah yang ditempatinya. Akibat dari hal tersebut di atas maka di permukaan bumi ini terbentuk kelompok-kelompok hewan dan tumbuhan yang menempati daerah yang berbeda-beda. Luas daerah yang dapat ditempati tumbuhan maupun hewan, berkaitan dengan kesempatan dan kemampuan menga...

Keterkaitan Antara Psikologi dan Teknologi Informasi

Psikologi dan Teknologi Informasi dapat disimpulkan bahwa hubungan dari keduanya adalah terletak pada bagaimana keduanya saling mempengaruhi dalam berinteraksi. Bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh internet terhadap manusia sebagai pengguna (user) dan bagaimana manusia sebagai pengguna mengecreate isi konten dari internet itu sendiri. Sebagai mana fungsi dari internet yaitu menyampaikan informasi yang berkaitan dengan pengetahuan. Sehingga jika dikaitkan psikologis manusia sangat berpengaruh terhadap teknologi internet. Permasalahan Era Globalisasi Seiring perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi (IPTEK) di dunia maupun di Indonesia, sebaiknya kita tidak hanya melihat manfaat yang diberikan, tetapi juga tidak sedikit dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Pemakaian internet sangat mudah, cepat, dan dapat dijangkau oleh 'semua umur'. Karena dapat dijangkau oleh 'semua umur' tetapi internet mencakup global, jadi ada 'hal-hal' yang tidak panta...