Skip to main content

GAME ADDICTION


Seperti yang sudah disebutkan dalam teori, bahwa menurut Griffiths (Essau, 2008) video game addiction adalah adiksi yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin yang berlebihan, interaksi dapat bersifat pasif (televisi), maupun aktif (video game) serta bersifat meningkatkan dan menguatkan, dimana hal tersebut berkontribusi pada kecenderungan adiksi. Dalam penelitian yang kami ambil sebagai referensi memang hanya disebutkan dampak negatif yang disebabkan dari kecanduan video game, namun kami mencoba mengulas apakah ada dampak positif dari suatu kecanduan video game pada mahasiswa. Disini kami memberikan sebuah hipotesis bahwa dampak positif yang bisa jadi hadir adalah bahwa mahasiswa mempunyai tempat pelampiasan stres yang dihadapi berkaitan dengan kegiatan perkuliahan yang sedang mereka jalan. Sedangkan dampak positif yang muncul adalah, sesuai topik penelitian, bahwa mahasiswa melakukan sebuah prokrastinasi (sikap menunda suatu kegiatan/tugas) akademik, sehingga munculah saran agar mahasiswa mengurangi intensitas bermain video game/game online.
Berkaitan tentang teori yang ada, terdapat sebuah kecocokan antara komponen kecanduan video game serta data yang didapat dalam penelitian. Kecocokan yang dimaksud yaitu pada poin salience, dimana karena video game sudah menjadi suatu hal yang lebih penting dari tugas maka individu justru meningkatkan intensitas bermain game dan menunda kegiatan perkuliahan seperti mengerjakan tugas yang diberikan.

Disini kami juga merekomendasikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game ini, diantaranya :
1. Alihkan perhatian pada kegiatan lain yang diminati, seperti olahraga, membaca komik, atau menonton film.
2. Perbanyak mengobrol dengan orang terdekat, seperti orang tua, saudara kandung, atau teman dekat.
3. Dalam topik prokrastinasi, ada baiknya saat mengerjakan tugas lakukan di tempat yang jauh dari komputer, ataupun handphone. Hal ini efektif untuk anda yang ingin memusatkan perhatian pada tugas anda.

Daftar Pustaka
Kurniawan, Drajat Edy. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 97-102, diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjBlpmhg8voAhXe7HMBHXquAKwQFjAGegQIBhAB&url=https%3A%2F%2Fjurnal.umk

Comments

Popular posts from this blog

PENGAMATAN DAUN PUTRI MALU

PENGAMATAN TENTANG BAGAIMANA CARA DAUN PUTRI MALU MENANGGAPI RANGSANG SENTUHAN DAN PANAS Tujuan : Memahami dan mengetahui adanya reaksi tumbuhan terhadap rangsang. Alat dan bahan : Tumbuhan putri malu, pensil runcing, lidi membara, dan stopwatch.            Cara kerja : 1.       Lakukanlah sentuhan dengan pensil runcing pada tumbuhan putri malu yang daunnya belum menutup. Sentuhan dilakukan berturut-turut pada: Anak daun Pangkal tangkai anak daun Pangkal tangkai daun 2.       Catatlah perubahan yang terjadi pada bagian tumbuhan yang disentuh. 3.       Catatlah waktu yang diperlukan oleh daun untuk membuka kembali. 4.       Lakukanlah hal yang sama dengan mendekatkan bara api. TABEL PENGAMATAN Perlakuan yang diberikan Perubahan yang terjadi pada saat dirangsang Waktu yang diperlukan daun untuk membuka SENTUHAN PADA PENSIL :           a.         Anak daun 4 helai daun mengatup 10 menit

Keterkaitan Antara Psikologi dan Teknologi Informasi

Psikologi dan Teknologi Informasi dapat disimpulkan bahwa hubungan dari keduanya adalah terletak pada bagaimana keduanya saling mempengaruhi dalam berinteraksi. Bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh internet terhadap manusia sebagai pengguna (user) dan bagaimana manusia sebagai pengguna mengecreate isi konten dari internet itu sendiri. Sebagai mana fungsi dari internet yaitu menyampaikan informasi yang berkaitan dengan pengetahuan. Sehingga jika dikaitkan psikologis manusia sangat berpengaruh terhadap teknologi internet. Permasalahan Era Globalisasi Seiring perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi (IPTEK) di dunia maupun di Indonesia, sebaiknya kita tidak hanya melihat manfaat yang diberikan, tetapi juga tidak sedikit dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Pemakaian internet sangat mudah, cepat, dan dapat dijangkau oleh 'semua umur'. Karena dapat dijangkau oleh 'semua umur' tetapi internet mencakup global, jadi ada 'hal-hal' yang tidak panta

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR

Pengertian Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Matematika Secara etimologi, pengertian matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau mathemata yang berarti “belajar atau hal yang dipelajari” (things that are learned). Matematika adalah ilmu yang tidak jauh dari kehidupan manusia. Sejarah matematika sangat panjang, segala perkembangan dan pengalaman yang berinteraksi langsung dengannya membuat pengertian matematika terus berkembang. matematika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan dimana materi matematika di perlukan di semua jurusan yang di pelajari oleh semua orang. Matematika adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui pengukuran dan geometri, aljabar, peluang dan statistik, kalkulus dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model matemat