Skip to main content

Pengaruh Positif dari Penggunaan Internet




Di zaman modern seperti sekarang ini, kehidupan manusia tak bisa lepas dari teknologi bernama internet. Adanya internet bagi masyarakat di Indonesia memang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Internet memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Masyarakat Indonesia pun tak hanya menggunakan internet sebagai media untuk meringankan pekerjaan, tapi juga untuk hal lain seperti bergaul atau bahkan mencari penghasilan tambahan.
Dampak Positif Internet
Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak dampak positif yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut beberapa diantaranya:
1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai berbagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran. Pelajar juga dapat melihat berbagai macam video di Youtube yang tentunya akan menunjang pendidikan mereka. Banyak video edukasi yang bertebaran di Youtube, anda pun juga dapat mendownload video-video tersebut.
2. Menjadi Media Komunikasi
Internet merupakan alat komunikasi yang digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dengan pengguna internet yang lain pada aplikasi internet. Contohnya adalah aplikasi chatting seperti twitter, line, facebook, yahoo, BBM. Hal ini tentu memudahkan untuk melakukan komunikasi dengan siapapun, dimanapun, dan kapanpun.
3. Mudah Mencari Lowongan Pekerjaan
Selain mudahnya mencari informasi, Anda juga dapat mencari lowongan pekerjaan di internet. Internet telah menjadi wadah tersendiri bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah melalui situs-situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Para perekrut calon karyawan baru pun biasanya juga melakukan riset terlebih dahulu mengenai diri Anda di internet. Oleh karena itu, usahakan selalu tampilkan citra yang baik di internet.
4. Mudah Melakukan Transaksi dan Berbisnis
Internet juga dapat menghasilkan keuntungan atau uang bagi Anda dengan berdagang secara online. Contohnya dengan membuka toko online sendiri. Selain itu, internet juga memudahkan Anda dalam melakukan transaksi pembelanjaan dan membuat Anda tidak perlu repot-repot untuk berbelanja langsung di toko fisik.
Study kasus :

Empat inisiatif teknologi karya anak Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan dari Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di kompetisi global World Summit on the Information Society (WSIS) Prize 2017.
Inisiatif Internet Sehat yang digalang oleh ICT Watch untuk kedua kalinya turut menjadi champion. Keempat inisiatif teknologi karya anak bangsa tersebut adalah:

1. Backpack Radio Station (oleh Iman Abdurrahman) pada kategori #12 (ICT Applications: e-Environment)
2. LISA – Information Systems for Farmers (oleh PT 8villages Indonesia) pada kategori #13 (ICT Applications: e-Agriculture)
3. iGrow My Own Food (oleh iGrow) pada kategori #13 (ICT Applications: e-Agriculture)
4. Internet Sehat (oleh ICT Watch – Indonesia) pada kategori #17 (Ethical Dimensions of the Information Society)

Backpack Radio Station (jrki.or.id) adalah teknologi stasiun radio mini yang dapat dibawa dalam backpack (ransel) yang tahan air dan api, serta dilengkapi dengan baterai tahan lama dan panel surya, guna melayani informasi di daerah-daerah yang terisolir akses informasinya.
LISA (8villages.com) adalah aplikasi edukasi dan komunikasi untuk pemberdayaan komunitas rural, termasuk bagi petani dan pengusaha mikro, dengan saling menghubungkan komunitas rural pada berbagai lokasi di Indonesia.
iGrow (igrow.asia) adalah aplikasi yang memungkinkan adanya interaksi antara pemilik lahan pertanian, petani, investor, dan pembeli hasil pertanian guna mendukung ekosistem rantai pasokan pertanian dan investasi permodalan terkait.
Internet Sehat (internetsehat.id) adalah program edukasi dan sosialisasi literasi digital bagi masyarakat, mengedepankan perlindungan kebebasan berekspresi sekaligus mengantisipasi disinformasi dan diskriminasi di internet.

Anugerah WSIS 2017 memiliki 18 kategori beragam, yang mengaitkan pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi (TIK) dengan Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDG) 2030. Tahun ini terdapat 18 nominator dari Indonesia, yang lantas terpilih empat sebagai champion.

Keputusan tim yang terdiri dari para pakar yang ditunjuk PBB itu diawali dengan menyaring 467 inisiatif dari berbagai penjuru dunia, lalu disaring menjadi 345 nominator. Setelah itu dikombinasikan dengan mekanisme online voting yang berhasil menjaring lebih dari 1,1 juta suara dari seluruh dunia.
Prosesi penyerahaan penghargaan akan dilaksanakan saat Sidang WSIS Forum 2017 di Jenewa, dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), pada 12-16 Juni 2017.




Hubungan Dampak Positif Penggunaan Internet dan
Psikologi Perkembangan

Remaja, dengan segala karakteristik yang tugas pengembangan nya pun tidak dapat lepas dari berbagai bentuk fasilitas yang ada pada internet. Remaja sebagai pengguna fasilitas internet terbesar, memang paling rentan untuk terkena dampak dari penggunaan internet. Remaja ada yang sudah mampu dan ada yang belum mampu memilah pengguna internet yang bermanfaat dan yang kurang bermanfaat bagi perkembangan dirinya.
Dalam proses perkembangannya yang dilalui dalam remaja antara lain remaja awal, remaja madya, dan remaja akhir. Menurut teori Erikson pada tahap perkembangan Psikososial remaja yaitu Pencarian Identitas vs Kebingungan Identitas. Contohnya yaitu ia berada dalam kondisi kebingungan karena dia tidak tahu harus memilih yang mana: fakta atau tidak peduli, ramai ramai atau sendiri optimis atau pesimistis, idealis atau materialis, dan sebagainya. Pada perkembangan emosi remaja pun terjadi terjadi perubahan mood yang semakin berkurang dan intens, selain itu individu makin mampu mengungkapkan emosinya sendiri dan memahami perasaan orang lain. Remaja madya (15 – 18 tahun), sangat membutuhkan kawan kawan. Ada kecenderungan narsistic yaitu mencintai diri sendiri, dengan mencintai teman teman yang punya sifat - sifat yang sama dengan dirinya.

Remaja madya, usia 15 sampai 18 tahun atau sudah masuk remaja SMP terbukti sudah dapat menentukan penggunaan internet secara baik, baik untuk sarana pembelajaran maupun fungsi hiburan seperti media social di mana waktu interaksi siswa pada interaksi langsung dikehidupan sehari - hari dan waktu interaksi pada media sosial sudah seimbang dan sesuai dengan porsinya, sudah dapat mengetahui hal - hal yang perlu diterapkan untuk keamanannya, seperti pembatasan privasi dan sharing. Pada usia saat inilah, penggunaan internet pada remaja mampu meningkatkan kehidupan seseorang yaitu sebagai alat eksplorasi diri. Teknologi dunia maya ini memberikan banyak kesempatan kepada individu untuk mengekspresikan diri secara unik, para psikolog memandang hal tersebut tergantung dari pribadi si penggunanya. Mengingat bahwa banyak situs yang menampilkan berbagai tes IQ maupun EQ. Reid Steree, seorang Sosiolog dari Los Angeles mengatakan, jika seseorang menggunakan internet sebagai media eksplorasi diri dengan kesadaran penuh, ia akan mengalami pertumbuhan sebagai hasil dari refleksi dirinya secara utuh melalui internet. Selain itu, pengaruh internet terhadap akademis maupun kreativitas intelektual sangat mempengaruhi pada masa remaja madya dan akhir.

Ningrum, Dewi Widya. 2017. 4 Karya Teknologi Anak Bangsa Dapat Penghargaan PBB. Jakarta : Liputan 6.
Hakim, Siti Nurina. dkk. Remaja dan Internet. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Comments

Popular posts from this blog

PENGAMATAN DAUN PUTRI MALU

PENGAMATAN TENTANG BAGAIMANA CARA DAUN PUTRI MALU MENANGGAPI RANGSANG SENTUHAN DAN PANAS Tujuan : Memahami dan mengetahui adanya reaksi tumbuhan terhadap rangsang. Alat dan bahan : Tumbuhan putri malu, pensil runcing, lidi membara, dan stopwatch.            Cara kerja : 1.       Lakukanlah sentuhan dengan pensil runcing pada tumbuhan putri malu yang daunnya belum menutup. Sentuhan dilakukan berturut-turut pada: Anak daun Pangkal tangkai anak daun Pangkal tangkai daun 2.       Catatlah perubahan yang terjadi pada bagian tumbuhan yang disentuh. 3.       Catatlah waktu yang diperlukan oleh daun untuk membuka kembali. 4.       Lakukanlah hal yang sama dengan mendekatkan bara api. TABEL PENGAMATAN Perlakuan yang diberikan Perubahan yang terjadi pada saat dirangsang Waktu yang diperlukan daun untuk membuka SENTUHAN PADA PENSIL :           a.         Anak daun 4 helai daun mengatup 10 menit

Keterkaitan Antara Psikologi dan Teknologi Informasi

Psikologi dan Teknologi Informasi dapat disimpulkan bahwa hubungan dari keduanya adalah terletak pada bagaimana keduanya saling mempengaruhi dalam berinteraksi. Bagaimana pengaruh yang ditimbulkan oleh internet terhadap manusia sebagai pengguna (user) dan bagaimana manusia sebagai pengguna mengecreate isi konten dari internet itu sendiri. Sebagai mana fungsi dari internet yaitu menyampaikan informasi yang berkaitan dengan pengetahuan. Sehingga jika dikaitkan psikologis manusia sangat berpengaruh terhadap teknologi internet. Permasalahan Era Globalisasi Seiring perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi (IPTEK) di dunia maupun di Indonesia, sebaiknya kita tidak hanya melihat manfaat yang diberikan, tetapi juga tidak sedikit dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Pemakaian internet sangat mudah, cepat, dan dapat dijangkau oleh 'semua umur'. Karena dapat dijangkau oleh 'semua umur' tetapi internet mencakup global, jadi ada 'hal-hal' yang tidak panta

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR

Pengertian Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Matematika Secara etimologi, pengertian matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau mathemata yang berarti “belajar atau hal yang dipelajari” (things that are learned). Matematika adalah ilmu yang tidak jauh dari kehidupan manusia. Sejarah matematika sangat panjang, segala perkembangan dan pengalaman yang berinteraksi langsung dengannya membuat pengertian matematika terus berkembang. matematika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan dimana materi matematika di perlukan di semua jurusan yang di pelajari oleh semua orang. Matematika adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui pengukuran dan geometri, aljabar, peluang dan statistik, kalkulus dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan melalui model matemat